Berita Kegiatan

12 MANFAAT DONOR DARAH SECARA RUTIN UNTUK KESEHATAN

Donor Darah di Masjid Raya Vila Inti Persada, Sabtu (18/2)
Donor Darah di Masjid Raya Vila Inti Persada, Sabtu (18/2)

Menjadi salah satu kebiasaan sehat yang bisa dilakukan sebagian besar masyarakat dunia, donor darah sejatinya memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat ini tidak hanya diperoleh dari tenaga dan fasilitas kesehatan yang menjadi penampung hasil donor, namun juga untuk kamu, yang secara rutin mendonorkan darah.

Palang Merah Indonesia selaku salah satu organisasi yang turut mengurus bidang ini, menyatakan bahwa terdapat rekomendasi melakukan donor darah setidaknya tiga bulan sekali. Idealnya, seseorang dapat mendonorkan darahnya hingga 4 kali dalam setahun. Tapi untuk kelompok orang-orang lain, batasan maksimal yang diberikan adalah sebanyak 5 kali dalam dua tahun.

Sebelum tahu tentang manfaat donor darah, kamu juga wajib tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi jika kamu ingin mendonorkan darah. Selengkapnya, di penjelasan setiap poin berikut ini!

Syarat Menjadi Pendonor Darah
Untuk bisa jadi pendonor darah, maka ada beberapa poin yang wajib kamu pastikan terlebih dahulu. Hal ini sebenarnya jadi pengetahuan umum dan bisa ditanyakan langsung pada tenaga kesehatan yang ada di pos-pos donor darah.

Beberapa syarat seseorang bisa menjadi pendonor antara lain:

  1. Minimal berusia 17 tahun, dan maksimal 70 tahun
  2. Berat badan minimal 45 kilogram
  3. Tekanan darah di bawah 180/100 untuk orang dengan tekanan darah cenderung tinggi, dan minimal 90/50 untuk orang dengan tekanan darah cenderung rendah
  4. Memiliki kadar hemoglobin darah sekitar 12,5 sampai 17 g/dL, dan tidak lebih dari 20 g/dL
Mendaftar untuk mendonorkan darah di Masjid Raya Vila Inti Persada, (istimewa)

Setelah memenuhi syarat di atas, kamu juga wajib memastikan kamu tidak masuk dalam enam kategori orang yang tidak boleh mendonorkan darahnya. Keenam kategori ini adalah pecandu narkoba atau minuman keras, pengidap kelainan darah, pengidap epilepsi, pengidap penyakit menular, pengidap kanker, dan pengidap diabetes.

Manfaat Donor Darah Rutin
Setelah kamu paham mengenai syarat menjadi pendonor dan golongan orang yang tidak boleh mendonorkan darah, kini mari cermati satu per satu manfaat yang didapat ketika seseorang rutin mendonorkan darahnya.

  1. Mengurangi Tingkat Stres
    Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika kamu rutin mendonorkan darah adalah mengurangi tingkat stres. Mood menjadi lebih baik, tidak cepat marah, dan tidak mudah tersinggung. Dijelaskan Mental Health Foundation, dalam salah satu artikel di liputan6.com, bahwa donor darah rutin dapat meningkatkan persepsi pada keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan seseorang.
  2. Kontrol pada Kolesterol Darah
    Manfaat kedua adalah dapat mengontrol kolesterol darah yang ada. Kekentalan darah akan terus termanage dengan baik, karena secara praktis ada darah yang dikeluarkan, dan produksi sel darah baru segera dilakukan. Jelas saja hal ini bisa membawa efek baik pada kesehatan secara umum, karena kolesterol jahat dapat berkurang dan gula darah juga menurun.
  3. Menyeimbangkan Zat Besi
    Tidak jarang kadar zat besi di tubuh terlalu tinggi atau berlebihan, jadi perlu metode tepat untuk menyeimbangkannya. Nah, donor darah jadi salah satu metode yang tepat untuk urusan ini. Zat besi yang terlalu banyak akan menumpuk di pembuluh darah, liver, hingga jantung. Dengan donor yang rutin, hal ini bisa dihindari.
  4. Deteksi Awal Risiko Penyakit
    Saat mendonorkan darah, maka kamu akan menjalani tes kesehatan untuk memastikan kondisi tubuh. Di sini dapat dideteksi risiko penyakit apa, atau bahkan penyakit yang sudah ada di dalam tubuh secara dini, sehingga bisa diambil langkah cepat untuk mengatasinya. Apalagi jika penyakit yang terdeteksi adalah penyakit parah, maka akan ada keuntungan besar sebab dapat diketahui sedini mungkin.
  5. Membantu Menghindari Kegemukan
    Well untuk kamu yang sedang memiliki agenda untuk menurunkan berat badan atau menghindari kondisi berat badan berlebih, donor darah bisa jadi salah satu alternatif yang sehat dan efektif. Setidaknya, ada sekitar 650 kalori yang terbakar setiap 450 ml darah yang didonorkan. Sangat besar bukan?
  6. Kesehatan Jantung
    Seperti yang disampaikan dalam poin kedua tadi soal kekentalan darah, hal ini juga berdampak pada kesehatan jantung. Dengan kondisi darah yang kekentalannya terjaga di titik ideal, maka kerja jantung tidak akan menjadi lebih berat. Risiko adanya penyumbatan akibat gumpalan darah di pembuluh jantung dapat dikurangi secara signifikan.
  7. Menurunkan Risiko Kanker
    Manfaat ketujuh adalah dapat menurunkan risiko kanker yang dialami oleh seseorang. Hal ini berkaitan dengan kadar zat besi yang lebih terkontrol berkat donor secara rutin. Zat besi yang terlalu tinggi dapat dihinggapi radikal bebas. Ini yang memicu risiko kanker meningkat. Namun dengan kadar zat besi yang normal, maka risiko kanker dapat ditekan.
  8. Peningkatan Produksi Darah
    Produksi darah secara alami akan mendapatkan stimulus, karena ada sejumlah darah yang dikeluarkan dari tubuh. Sel darah dengan usia yang lebih muda akan terus diproduksi, sehingga fungsi darah sebagai entitas yang menghantarkan nutrisi ke seluruh tubuh bisa tetap optimal.
  9. Mencegah Penuaan Dini
    Siapa yang tak ingin awet muda? Idealnya semua orang menginginkan hal ini bukan? Nah, donor darah secara rutin bisa membantu kamu menghindari penuaan dini yang mungkin terjadi. Tanda penuaan dini di wajah dapat disamarkan, karena regenerasi sel darah merah secara alami akan meningkat. Kulit menjadi kencang dan terhindar dari kondisi keriput.
  10. Menjauhkan Penyakit Kulit
    Manfaat donor ini didapatkan karena darah kotor yang ada di dalam tubuh akan berkurang. Sirkulasi pergantian sel darah merah akan berjalan lebih teratur dan lancar, sehingga penyakit kulit akan lebih mudah dihindari.
  11. Mencerahkan Kulit
    Manfaat kesebelas dari donor darah di artikel ini adalah membantu mencerahkan kulit secara alami. Kandungan zat besi yang membentuk hemoglobin dapat mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, jika kadarnya terjaga tetap ideal.
  12. Membantu Menjaga Ketersediaan Darah
    Yang terakhir ketika kamu secara rutin mendonorkan darah jelas kamu akan membantu ketersediaan kantong-kantong darah yang dapat digunakan ketika diperlukan. Setiap kantong darah sangat berharga untuk orang-orang yang membutuhkannya, karena dapat menyelamatkan nyawa seseorang.

Mari Mendonorkan Darah!
Melek pada manfaat donor darah ini jelas diharapkan bisa membantu menumbuhkan minat pada kegiatan sehat tersebut. Peningkatan awareness ini juga terkait dengan peringatan Hari Donor Darah Sedunia, yang jatuh di tanggal 14 Juni 2023. WHO sendiri, melalui situsnya, telah mulai mengampanyekan tema utama Hari Donor Sedunia Tahun 2023. Tagline yang digunakan adalah ‘Give blood, give plasma, share life, share often’.

Sumber:

  1. https://ayosehat.kemkes.go.id/3-manfaat-donor-darah-bagi-kesehatan-tubuh
  2. https://www.liputan6.com/hot/read/4985232/12-manfaat-donor-darah-rutin-yang-jarang-diketahui,
  3. https://www.who.int/news-room/events/detail/2023/06/14/default-calendar/world-blood-donor-day-2023,
  4. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/15581/Manfaat-Donor-Darah-bagi-Kesehatan-yang-Harus-Diketahui.html,
  5. https://www.halodoc.com/artikel/harus-rutin-ini-4-manfaat-donor-darah-untuk-kesehatan

Artikel ini telah tayang di situs https://mypage.axa.co.id/news/12-manfaat-donor-darah-secara-rutin-untuk-kesehatan#:~:text=Tidak%20jarang%20kadar%20zat%20besi,rutin%2C%20hal%20ini%20bisa%20dihindari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *